\

Pages

Thursday, November 6, 2014

Pilih Paket Flash Ultima atau Optima dari Simpati dan Kartu Halo Telkomsel

Paket internet telkomsel pilih flash ultima atau optima?- Artikel ini saya buat sebagai bahan “pelarian” setelah beberapa hari yang lalu saya berhenti berlangganan internet tekomsel flash Optima dari kartu Halo, ke paket internet Flash ultima.

Saya tahu netter yang membaca artikel ini sebenarnya sudah bisa menyimpulkan sendiri  mengenai paket internet telkomsel flash mana yang cocok untuk masing-masing. Dengan mencoba membeli satu persatu paket, dari situ bisa diambil kesimpulan sendiri  yang sekiranya cocok untuk dipilih. Dengan begitu kita bisa mengatakan; saya berlangganan paket ini aja deh, sudah cukup.

Namun karena kita adalah sama; pelanggan layanan data. Maka tidak seru rasanya kalau tidak berbagi pengalaman sesuai dengan yang pernah kita gunakan.

Baiklah, pada artikel ini saya akan bahas mengenai paket paket internet flash dari telkomsel baik untuk simpati maupun kartu halo.

Flash optima adalah paket internet unlimited dari telkomsel dengan syarat ketentuan berlaku. Ketentuan yang paling mudah diketahui adalah; setelah pemakaian wajar maka kecepatan akan di turunkan sesuai dengan jenis paket yang dipilih.

Flash ultima adalah paket internet dari telkomsel berbasis volume. Setelah volume tercapai maka pemakaian akan di kenakan tariff tambahan.

Paket Flash Optima dan Ultima dari Kartu Halo

Pertama kali berlangganan paket flash optima dari kartu halo telkomsel adalah pada tahun 2010. Selama saya berlangganan,  tercatat telkomsel dua kali menambah kuota fair use yang salah satunya dibarengi kenaikan tarif

Bagaimana pengalaman saya setelah menggunakan flash unlimited dari telkomsel tersebut? apakah kecewa?
Untuk kecepatan akses data dan kualitas jaringan saat dalam batas pemakaian wajar, saya tidak kecewa. Sekali dua kali gangguan wajar lah.  Namanya juga system. Tidak mungkin saya menuntut telkomsel untuk  up time 100%.

Kalaupun ada yang membuat saya kecewa adalah karena kuota nya cepat habis. Kadang saya heran, kenapa gitu kok  cepat banget habis. Nggak pernah tuh bandwith  tersisa sampai billing cyrcle baru. Paling juga 7 hari sudah habis. Paling lama 10 hari. padahal saya sudah berusaha hemat banget. Alhasil, saya harus rela speed di turunkan.

Setelah batas pemakaian wajar  tercapai, apakah flash optima dari kartu halo mengecewakan?
Dengan kecepatan di turunkan pada maksimal 64kbps untuk paket basic, jangan terlalu berharap dapat online nyaman.

Pada saat awal berlanganan dahulu,  setelah batas pemakaian wajar habis, saya masih coba gunakan untuk online via Dekstop. Apa yang terjadi? capeeee....nggak  deh. Bisa sih untuk online tapi jangan ngarep untuk membuka situs-situs besar. Daripada online dengan 64kbps dari desktop lebih baik tidur.

Sejak saat itu, jika fair use telah tercapai, saya hampir tidak pernah menggunakan lagi untuk online dari PC.  Kartu Kemudian saya pasang  di HP sampai billing cyrcle baru. Selama nunggu billing cyrcle baru tersebut,  saya selalu membeli paket  internet  dari Simpati, baik untuk siang atau paket malam. Begitu dan begitu paket internet yang saya gunakan selama empat tahun ini dengan empat kartu dari simerah.

Dengan kecepatan 64kbps dari HP, masih lumayan lah digunakan online dari Smartphone untuk sekedar membaca berita di detikcom kompas merdeka tempo liputan6  atau bolanet dan goal. Atau masih bisalah untuk maen social media dari aplikasi twitter dan facebook meski tidak terlalu nyaman.

Untuk flash optima  advance dan pro, setelah fair use terpenuhi, kecepatan akan di turunkan hingga maksimal 128kbps. Dengan kecepatan segitu, masih cukuplah buat online dari desktop tanpa terlalu makan hati.

 Lalu bagaimana dengan Paket Flash Ultima dari Kartu Hallo?

Kalau kita lihat tariff flash ultima dari kartu halo yang mendekati paket  optima , ada paket flash ultima seharga  Rp 110.000 perbulan dengan kuota 4,3 GB (2,5 GB + 1,8GB di jaringan 3G) yang mendekati flash optima basic. Serta ada tariff Rp 225.000 /bulan  yang setara dengan paket advance pada flash optima dari kartu Halo.

Jika merasa cukup dengan kuota 4,3Gb perbulan, ini boleh di pilih. Tapi kalau merasa kurang dengan kuota segitu, saya lebih merekomendasikan memilih paket unlimited telkomsel. Kekurangannya bisa dikombinasikan dengan paket  midnight. Yah kalau tidak suka bagadang, toh masih ada waktu sampai jam sembilan pagi untuk menggunakan paket midnight tersebut.

Namun kalau kebiasaan pemakaian lebih banyak pada saat jam sibuk. Lebih baik berlangganan flash optima paket advance.  Dengan Rp 225.000 perbulan untuk 8GB, kita tidak terlalu khawatir kehabisan bandwith. Kecuali kalau  doyan download dan streaming youtube, ini lain lagi ceritanya. Menurut saya pribadi, di Indonesia hanya paket kalong  yang  harganya bersahabat dengan penggemar download dan streaming video online.

Paket Flash Ultima dan Optima dari Simpati

Kalau dari simpati lebih mudah dipilih; Flash Ultima lebih baik dibeli. Mau harian, mingguan, atau bulanan, saya tidak punya ketertarikan  untuk membeli paket internet unlimited dari simpati. Dengan kecepatan maksimum 16kbps setelah batas pemakaian wajar, apa yang bisa diharapkan ? Saya tidak tahu. Mungkin simerah lagi “becanda” pada konsumen dengan dengan bikin skema demikian.

Saya juga tidak tahu apakah ada diantara pengguna telkomsel simpati flash unlimited  yang masih memanfaatkan kecepatan demikian untuk online
.
logikanya, dengan speed 64kbps sudah megap-megap membuka website.  Apalagi ini Cuma 16kbps. Terlebih akses dari simpati bukan prioritas utama dalam penggunaan jaringan.
**
Begitulah catatan saya mengenai pilihan paket internet telkomsel flash dari simpati dari kartu halo. Sementara dari kartu AS dai LOOP akan dibahas lain waktu.

Baca juga : migrasi simpati ke kartu halo, jangaaan....!
merk terbaik I TentangI kontakI PrivasiI SanggahanI