\

Pages

Friday, November 28, 2014

Mau Migrasi Simpati ke Kartu Halo, "Jangaaaannn….!"

Waduh judulnya provokatif banget. Tenang. Tenang kawan. Bukan maksud saya  memprovokasi untuk menghalangi niat  anda menggunakan kartu halo (meskipun saya punya sedikit kemampuan untuk mempengaruhi orang  hehe….), tapi lebih pada memberi pertimbangan sebelum memutuskan.  Ini juga sekaligus klarifikasi jika telkomsel merasa keberatan dengan judul tersebut.

Maksud saya begini;
Dari pada migrasi simpati ke kartu halo lebih baik langsung saja berlangganan kartu halo dengan menggunakan nomor baru. Adapun nomor simpati yang rencananya akan di gunakan untuk kartu halo, bisa di gunakan sebagai sim card kedua.

Jelas ya, tidak ada maksud saya menghalangi niat anda menggunakan kartu halo. Malah saya sangat  merekomendasikan untuk penggunaan tertentu.

Kenapa saya mengatakan demikian,  saya akan jelaskan secara obyektif berdasar pengalaman menggunakan kartu halo,  termasuk didalamnya mengenai kelebihan dan kekurangan, atau keunggulan dan kelemanan dari kartu pasca bayar telkomsel ini.Yang mau migrasi dari simpati ke kartu halo silahkan simak baik-baik.

Kita Mulai


 cara migrasi simpati ke kartu halo telkomsel

Penggunaan Nomor Kartu Halo

Nomor simpati bisa upgrade ke kartu halo, sementara nomor kartu halo tidak bisa migrasi ke kartu prabayar. Dengan begitu, jika tidak ingin lagi menggunakan kartu halo, mau tidak mau anda harus kehilangan nomor kartu tersebut.

Jika nomor itu sangat berarti, maka tidak ada pilihan lain selain menggunakan layanan post paid itu. Lain halnya dengan prepaid, kalaupun tidak terlalu sering penggunaannya, tapi biaya pemeliharaan simcard agar tetap aktif terbilang murah.

Sebagian pengguna seluler menginginkan nomor ponsel yang di milikinya adalah nomor cantik. Entah yang di hubungkan dengan nomor keberuntungan terkait fengsui, atau hanya sekedar nomor pendek  supaya mudah di ingat.

Kartu halo mendukung penggunaan nomor pendek 10 digit, 11 digit. Meskipun saat ini saya agak ragu bahwa nomor cantik karto halo 10 digit masih tersedia grapari/gerai halo.

Pengalaman saya waktu memilih nomor kartu halo pada tahun 2010, di kasih lembaran-lembaran data ketersediaan nomor berantakan yang tidak saya suka. Baru setelah saya “paksa”, customer service grapari mengeluarkan beberapa nomor cantik kartu halo 10 digit yang masih available.

Nah, jika ingin memakai nomor kartu halo yang di suka, namun di grapari  tidak tersedia, sebaiknya  cari dulu di lapak online. Saya lihat di kaskus banyak yang jual nomor cantik kartu halo 10 digit. Tinggal beli saja  terus balik nama. Masasih HP nya pintar nomornya pasrah (kata juragan kaskus)

Pembayaran dan Tagihan Kartu Halo

Telkomsel membagi dalam lima periode penggunaan (billing cyrcle / BC). Ke billing cyrcle mana pelanggan akan dimasukan, tergantung pada saat awal berlangganan.

Billing cyrcle
Periode penggunaan
( bulan berjalan s/d bulan berikutnya )
Perkiraan Periode penagihan

Periode pembayaran
(s.d Bulan berikutnya)
BC 01
Tgl 1 s.d akhir bulan
1 s.d  5
6 s.d 20
BC 06
Tgl 6  s.d tgl 5
5 s.d 10
11 s.d 20
BC 11
Tgl 11  s.d tgl 10
10 s.d 15
16 s.d akhir bulan
BC 16
Tgl 16 s.d tgl 15
15 s.d 20
21 s.d 10
BC 20
Tgl 20 s.d tgl 19
20 s.d 25
26 s.d 10

 Pembayaran bisa di lakukan dengan dua cara, yaitu; auto debet melalui kartu kredit dan tunai.

Untuk pembayaran tunai bisa dilakukan di semua bank melalui semua fasilitas ebanking ( internet banking, mobile banking, ATM dsb) maupun setoran tunia di teller.

Selain bamk, membayar tagihan kartu halo bisa juga di lakukan di kantor pos maupun datang setor langsung di grapari / gerai halo.

Jika pelanggan tidak membayar tagihan sampai jatuh tempo, maka nomor HP akan di blokir. Untuk  Buka blokir  kartu halo, berjalan secara otomatis setelah melakukan pembayaran. Caranya cukup restart device yang di gunakan. Kalau dari HP, cukup matikan HP lalu hidupin lagi. Kalo dari modem, cabut modemnya lalu pasang lagi.

Kalau sampai 30 hari tidak bayar juga, maka nomor akan di blokir secara permanen. Dalam hal ini nomor itu hangus, pelanggan dianggap telah berhenti berlangganan.

Saya pernah dua kali di blokir gara gara telat bayar hahay…….

Ceritanya, karena masuk BC 20, seharusnya saya bayar paling lambat tgl 10. Tapi sampai jatuh tempo tersebut saya belum bayar. Akhirnya nomor  di blokir tanggal 17.

Saya bener-bener nggak ngeh kalau belum bayar tagihan. Baru sadar waktu mau online tidak bisa konek. Pas mau  nelpon CS telkomsel dikasih tahu duluan oleh mesin kalau nomor saya di blokir. Selidik punya selidik, ternyata saya belum bayar.

Dari pengalaman telat bayar pertama , saya jadi ke enakan nunda  pembayaran. Gimana gak  enak, baru di blokir tanggal 17 wwwkkk……

Tapi sayang, telat bayar kedua nggak pake ampun. Tanggal 12 sudah di blokir. Makanya kapok!.

Sekarang saya tidak lagi nunda terlalu lama. Kalau diawal awal berlangganan dulu langsung bayar begitu  tagihan diterima, sekarang saya tetapkan bayar setiap tanggal 2. Kenapa tanggal 2? karena saya nunggu e-statement  tabungan dulu, yang selalu datang setiap tanggal 2.

Tarif Kartu Halo

Saya terlalu malas periksa tarif operator seluler. Yang pasti gini aja; tariff telepon dan sms kartu halo lebih mahal dari simpati. Pada kartu halo yang berlaku adalah tariff progresif. Dan jangan berharap ada bonus-bonusan. Bonus ini bonus itu. Tidak ada.

Kalaupun ada bonus, itu lebih pada program loyalty pelanggan yang kaitanya dengan gaya hidup. Saya hampir tidak pernah menggunakan program seperti itu. Kalaupun pernah, hanya sekedar nukar telkomsel poin untuk diskon pembelian tiket arsenal waktu datang ke Jakarta # Iam gooners. Itupun tidak terpakai karena pada akhirnya saya lebih memilih membeli tiket  arsenal di GBK.

Kalau ingin migrasi dari simpati ke kartu halo hanya untuk penggunaan bicara dan sms, sepertinya kurang sesuai. Lain kalau memang punya pandangan biaya bukan masalah, tariff mahal ini bisa di abaikan.

Sementara jika ingin menggunakan untuk akses data, menggunakan kartu halo adalah pilihan terbaik. Dengan skema tariff yang ada, paket internet telkomsel flash dari kartu halo lebih murah dan lebih menguntungkan di banding pengguna simpati atau prabayar lain. Bahasan mengenai hal ini permah saya tulis pada artikel yang lalu, silahkan baca : pilih flash ultima atau optima telkomsel.

Selain itu, menggunakan telkomsel sebagai internet service provider juga relative lebih aman dari  ancaman pencurian pulsa premium content.

Kenapa saya mengatakan begitu? Karena saya adalah publisher mobile advertising, jadi ngikutin operator mana yang jadi sasaran iklan premium content. Saya perhatikan, sekarang telkomsel bukanlah target utama  para pengembang  premium content yang ingin menjerat pulsa pemakai seluler. Yang masih jadi sasaran empuk  saat ini justru si biru. Kenapa begitu, saya tidak tahu.

Meski relative aman, bukan berarti harus terima begitu saja. Jika sudah menjadi pelanggan kartu halo, sebaiknya segera meminta telkomsel menghentikan  intrusive ads. Iklan intersititial ketika browsing dengan PC, dan iklan offdeck ketika online menggunakan Smartphone. Anda  membayar untuk layanan data, bukan untuk melihat iklan.

Pengalaman saya meminta telkomsel menghentikan intrusive ads pada dua nomor ponsel saya ditanggapi dengan baik.  Jangan lupa anda lakukan hal yang sama seperti saya, termasuk untuk pengguna Simpati, AS dan Loop.

Kembali lagi soal tariff kartu halo yang di sesuaikan dengan layanan yang di pakai.

Jika ingin menggunakan untuk kombinasi ketiganya (telepon, sms, data) dalam satu simcard, masih moderate lah untuk dipilih, hanya pandai-pandailah memilih paket yang ditawarkan, ada halo hybrid, halo fit, myplan,  dll…. ( tau ah pusing).

Begini saja kesimpulannya , dari 0-10.
0 berarti sangat tidak merekomendasikan.
10 berarti sangat merekomdasikan.

Vote saya adalah;
Untuk penggunaan Telepon     : 4
Untuk penggunaan SMS     :  4
Untuk penggunaan data    :  9
Untuk kombinasi ketiganya    :  6


Tips Memakai Kartu Halo

Jika ingin menggunakan menggunakan kartu halo atau pasca bayar lainnya, berikut dua tips penting yang perlu di ingat..

Membuat Limit

Kunci agar nyaman menggunakan layanan pasca bayar adalah dapat mengontrol diri dari pemakaian. Jangan mentang-mentang bayar belakangan malah  seenaknya sendiri menggunakan layanan. Ujung-ujungnya  tidak terima dengan tagihan kartu halo membengkak.

Karena itu, perlu diperhatikan pemakaian sesuai dengan kemampuan membayar. Dalam hal budget bulanan harus jelas.

Budget bulanan inilah yang kemudian  dijadikan sebagai dasar untuk permintaan membatasi pemakaian. Kalau setiap bulan anda rela membayar  Rp 500 ribu, maka kita bisa meminta telkomsel untuk membuat limit pemakaian kartu halo sebesar Rp 500 ribu perbulan.

Jadi nantinya, kalau pemakaian sudah mencapai 500 ribu, kartu halo tidak bisa di gunakan lagi jika ada kaitanya dengan layanan yang memerlukan biaya. Tapi untuk terima panggilan atau terima sms tetap bisa.

Dokumentasi

Misalnya kita membeli paket , mengubah paket, atau membuat pengaduan. Maka semua harus di catat dengan baik. Termasuk ambil tangkapan layar ( screen shoot).

Jika berupa tangkapan layar, simpan data di tempat aman, jangan di edit meski hanya rename nama gambar. Jika pengaduan anda lewat call center atau grapari, catat nama petugas dan nomor  id tiket.

Ini penting, jika suatu saat ada masalah pada system ( misalnya tagihan membengkak tidak wajar ), maka kita dapat dengan mudah menyodorkan bukti. Bukan perkiraan yang tidak kuat secara fakta.  Kalau data terdokumentasi dengan baik, kita berani bermain di ranah humum jika suatu saat ada masalah. Begitu kira-kira

Baca juga:
pilihan paket kartu halo termurah
merk terbaik I TentangI kontakI PrivasiI SanggahanI