\

Pages

Monday, December 1, 2014

Manfaat Kecap untuk Kesehatan dan Merk No 1

Saya tidak begitu suka kecap. Apaan hitam-hitam kayak oli gini haha….. Tidak begitu suka bukan berarti tidak konsumsi sama sekali, cuma sekedarnya saja. Misalnya kalau di barengin makan sate, ceplok telor, atau memang tidak punya pilihan lain, misalnya nyokap masak yang bernuansa semur. Terpaksa deh sikat.

Tapi kalau kecap dijadikan penyedap tambahan  saja, saya tidak begitu tertarik. Misalnya makan bakso, mana pernah saya tambanih kecap.



Dasarnya sih saya tidak begitu suka masakan manis. Tapi kalau makanan pedas, jangan di tanya. Biar pun cewek katanya doyan pedas,  boleh diadu berapa kuat makan cabe mentah sama saya, hahaha…
Biar begitu, ada banyak catatan menarik kalau ngomongin kecap. Misalnya anak kecil tetangga sebelah rumah, dia latah banget kalau makan sama ibunya minta kecap…. cap engo …cap engo…..

Yang tak kalah menarik  adalah pameo seperti yang sering kita dengar: Semua kecap ngakunya nomor satu. Nggak ada tuh yang ngaku dua, nomor tiga apalagi nomor seratus.

Padahal, kabarnya ada lebih dari 100 merk kecap yang beredar di Indonesia. Apa saja? saya akan membahas lengkap mengenai hal ini termasuk  manfaat kecap bagi kesehatan. Silahkan di lanjut aja bacanya.

Kecap adalah
Manfaat kecap bagi kesehatan
Daftar merk kecap di Indonesia

merk kecap di indonesia dan manfaat kecap bagi kesehatan

**

Tentang Kecap

Kecap adalah penyedap makanan berbentuk cairan berwarna hitam.  Yang dibuat melalui fermentasi  penjang dari  kedelai .  Namun, ada juga kecap yang terbuat dari bahan air kelapa dan ampas padat pembuatan tahu.

Berdasar  rasanya, kecap dibagi menjadi dua; Kecap manis, dan kecap asin. Kecap manis berstruktur lebih kental terbuat dari kedelai. Sementara kecap asin, terlihat kebih encer dengan  tambahan garam lebih banyak

Secara kimiawi, kecap memiliki kandungan

Asam Amino

Kacang kedelai sebagai bahan dasar pembuatan kecap berkontribusi penting  pada kandungan asam amino didalamnya.  Asam amino dalam kandungan  kedelai adalah leusin dan lisin. Kedua asam amino tersebut  sangat diperlukan oleh enzim pemecah kedelai untuk menghasilkan kecap hingga memiliki cita rasa lezat dan enak.

Dengan begitu kecap akan menambah keunggulan lain karena kedelai pun memiliki kandungan gizi tinggi, yaitu protein dan karbohidrat.

Gizi Mikro

Yang dimaksud disini adalah yodium, zat besi, dan vitamin A. Ketiga gizi mikro ini sangat berarti untuk tubuh manusia. Ini juga sebagai kabar bagus untuk para ibu yang anaknya doyan kecap jadi mendapat asupan gizi.

Manfaat Kecap Untuk Kesehatan.

Nampaknya saya boleh menyesal tidak begitu suka sama kecap. Karena ternyata, ada banyak manfaat ketika mengkonsumsi kecap. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut;

Memperbaiki Fungsi Organ Tubuh

Terbuat dari kedelai yang merupakan antioksidan yang dapat  membantu melindungi tubuh dari rongrongan penyakit degenerative dan penuaan dini. Mengurangi kerusakan ginjal. Menurunkan resiko jantung koroner serta menurunkan kadar kolesterol

Melancarkan Pencernaan

Sangat membantu meringankan kerja ginjal. karena dapat membantu mengeluarkan zat racun dalam tubuh dan mencegah diare.

Menambah Daya Tahan Tubuh

Kandungan peptide didalam kecap, dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Meningkatkan sistem kekebalan, sehingga tubuh mampu melawan berbagai jenis penyakit

dll

Lalu bagaimana manfaat kecap dan jeruk nipis?
Kita sering mendengar kombinasi keduanya dapat mengobati batuk. Namun sebenarnya, hanya jeruk nipis-lah yang dapat menyembuhkan batuk. Karena fungsi kecap pada campuran itu hanya untuk mengurangi tingkat keasaman air jeruk itu sendiri.


Merk Kecap yang Beredar di Indonesia

Merk kecap yang dikenal secara nasional mungkin hanya hitungan jari, misalnya kecap cap Bango, ABC, Indofood,  Black gold, Sedaap. Mereka adalah perusahaan besar yang mampu memasarkan produk pada  secara nasional dengan dukungan biaya promosi yang tidak sedikt.

Tapi kalau masuk ke daerah-daerah tertentu, kita akan tahu ada banyak merk kecap berskala lokal dengan kualitas dan rasa yang tidak kalah enak dengan merk nasional. Mereka adalah pelaku usaha kecil maupun industri rumah tangga yang scope pemasarannya terbatas di daerah / kota sekitar saja.

Saya tidak tahu, banyaknya merk kecap di Indonesia ini apakah karena cara membuat kecap di bilang mudah, atau ini sebagai kearifan lokal yang berkaitan langsung dengan kuliner setempat.

Dibawah ini adalah beberapa diantara merk kecap yang telah saya kumpulkan dari berbagai sumber. Apa merk kecap terbaik, rasanya paling enak, paling sehat dan merek apa yang benar-benar no 1

Daftar merk kecap di berbagai daerah indonesia

Merk Kecap
Beredar

ABC

Black gold

Bango

Sedaap

Indofood



Sapi
Bandung
Borobudur
Bandung
Angg*r / seng li
Bandung
Merak
Bandung
Zebra
Bogor
Bemo
Bogor
Matahari
Cirebon
Oedang sari
Cirebon
Sindang sari
Cirebon
Sputnik
Cirebon
Sari rasa
Cirebon
Dua sotong
Indramayu
Segi tiga
Majalengka
Menjangan
Majalengka
Kunci
Garut
Sultan
Cianjur
Teu sangka
Ciamis
Patkwa padi
Sukabumi
Siong hin benteng
Tangerang
Sari sedap
tangerang


Jaran / kuda
Tulung agung
Sapi
Kediri
Sawi
Kediri
Tawon
Madiun
Kaki tiga
Kudus
THG
Kudus
Sks
Kudus
Babon
Kudus
Delima
Pacitan
Bajang
Blitar
Durian emas
Blitar
Laron
Tuban
Ikan lele
Pati
Udang
Purwodadi
Bawang cabe
Pekalongan
Ikan dorang
Jombang
Semar
Solo
Lombok gandaria
Solo
Asli buatan ibu rasman
Wonosobo


Jeruk
Surabaya
Orang jual sate
Probolinggo
Mirama
Semarang
Manggis
Semarang
Bentoel
Banyuwangi
Koki
Banyuwangi
Cilacap
Blekok
Kentjana
Kebumen
Bawang
Malang
Sarico
Purworejo
Suramadu
Sukoharjo
Sapi
Yogya
SGM
Yogya
Salak
Madura
Semar
wonogiri




Cap siong
Bangka
Ikan intan
Belitung
Kupu-kupu
Belitung
Bulan
Palembang
Angsa
Medan
Kambing dua
Singkawang
Elang dua
Singkawang




Piring Lombok

Rebut

Kencana

Pandawa

Jempol

Gandaria

Cap sate



merk terbaik I TentangI kontakI PrivasiI SanggahanI