\

Pages

Thursday, December 25, 2014

Jenis Mangga dan Manfaatnya

Orang kampung suka pada "sombong". Buah mangga seperti tidak dianggap. Mungkin karena buah ini bertebaran dimana-mana,  disetiap rumah yang punya pekarangan, pasti ada pohon mangga. Jadi mangga seperti tidak punya tempat istimewa.  Mereka  lebih terobsesi pada apel, jeruk atau buah-buahan lain yang tidak bisa ditanam sendiri di pekarangan rumah.

Lain dengan orang kota, mereka rindu sekali sama mangga. Berburu di pasar, supermarket, atau di pedagang  pinggir jalan. Buat bikin jus. Buat dessert. Atau makan secara langsung.

Barusan saya habis makan mangga hehe….Karena saya tidak mungkin berbagi buah sama kamu disana. Ya sudah saya mau bagi-bagi artikel saja. Setelah membaca artikel ini, silahkan ngabur buat beli.

Jenis-Jenis Mangga
Sebagian jenis mangga yang saya tahu. Mana yang paling enak?

Mangga Gedong
Ukurannya  rata-rata lebih kecil dari mangga manalagi. Kulisnya tipis, kalau matang pada pangkalnya tergadrasi warna merah dan kuning. Di daerah cirebon, saya lihat mangga ini banyak di jadikan sirop, namaya sirop tjampolay.  Saya lihat sirop ini ada juga di indomaret dan alfamart di jabodetabek.


mangga gedong


Mangga Kweni
Pada keadaan matang, buah mangga ini paling enak versi saya. Terlebih wanginya harum banget. Kulit bekas kupasan tidak akan hilang aroma wanginya dalam 24 jam.  Tapi kalau masih mentah, ini buah paling menyebalkan karena getahnya.

Tidak begitu banyak ditemukan dipasaran. Mungkin budidaya kweni memakan waktu dibanding dengan jenis lainnya. Semoga tidak punah.

mangga kweni


Mangga Manalagi
Mungkin ini yang paling banyak di gandrungi semua orang. Jangankan yang matang, yang belum matang sekalipun buah ini sudah terasa manis.  Kalau makan satu biji masih kurang karena ukurannya kecil-kecil. Pada musimnya, mangga manalagi banyak beredar di pasaran dengan harga murah.

mangga manalagi

Mangga Harum Manis
Jenis ini juga banyak di jual pedagang buah. Untuk ukuran perut saya, memakan mangga harus manis pas satu biji. Tapi untuk yang kapasitas perutnya kecil, satu biji mungkin terlalu banyak untuk satu kali makan.

mangga harum manis


Mangga Golek
Mungkin karena bentuknya lonjong jadi dinamakan mangga  golek. Rasanya masih kalau jauh dari harum manis.  Mungkin karena itu sekarang tidak banyak yang nanam pohon mangga jenis ini.

mangga golek


Mangga indramayu
Jenis mangga ini kurang cocok dilidah saya. Tapi kalau yang muda belum matang bolehlah buat bikin rujak buah, daripada yang matang rasanya gak karuan kayak gitu.

Satu lagi, heran juga kenapa namanya mangga indramayu. Apa karena jenis ini banyak ditanam di daerah pantura itu





Manfaat Mangga
Walau ada banyak jenisnya, gizi yang terkandung  didalam buah mangga hampir sama. Dalam 100 gram dalam mangga matang yang manis mengandung gula sebanyak 16–18 persen , sedangkan dalam mangga muda  terdapat 7–12 persen gula. Mangga juga mengandung 46-65 miligram vitamin C dalam 100 gram, merupakan antioksidan yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan jaringan gusi.  Anti oksidan juga berguna untuk mencegah penuaan dini. Jadi, mangga bermanfaat untuk kecantikan.
   
Daging mangga berwarna kuning bertanda kandungan betakaroten tinggi. Betakaroten  akan diproses menjadi vitamin A di dalam tubuh. Dalam setiap 100 gram mangga terkandung 389 IU betakaroten yang juga  temasuk salah satu antioksidan dan berguna untuk meningkatkan fungsi retina mata.

Buah ini juga kaya akan kalium, yaitu 156 mg  per 100 gram, yang berfungsi meningkatkan fungsi otot jantung, kontraksi otot, serta tekanan darah. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi risiko stroke.


Baca juga ...

merk terbaik I TentangI kontakI PrivasiI SanggahanI