\

Pages

Monday, December 22, 2014

Khasiat dan Efek Negatif Makan Durian

Postingannya  maksa banget. Karena saya sendiri tidak doyan durian. Kata teman,  tidak suka durian berarti  lidah saya adalah lidah orang miskin. Bodo amat.  Kalau teman makan durian saya cuma liatin aja. Biar dipaksa makan juga saya gak mau.  Mau durian montong, purworejo, lampung, petruk  gareng atau apalah, orang gak doyan gimana.

Anehnya, kalo  jalan-jalan ke kota Cirebon saya doyan makan es durian. Awalnya  penasaran karena para traveler suka rekomendasiin buat nyicipin Es duren Cirebon. Ternyata enak .

Lain lagi waktu ada teman dari Palembang bawa dodol durian, saya cobain, nggak deh, nggak  masuk di lidah saya.  Jadi saya tetap berpendapat;  saya tidak suka duren. Baguskan. Duren itu kan harganya mahal. Jadi gak buang-buang duit. Huhuy….

Kata orang buah duren ini enak banget.  Sampe-sampe kalo liat orang makan sampe segitunya. Makan di tempat. Terus jalan. Enak dimananya coba? tau ah gelap.

Padahal ya, beberapa tahun lalu nenek saya  punya beberapa pohon durian di kebun. Budidaya kecil-kecilan dari  okulasi atau cangkok gak ngerti deh.  Tapi tetap saja saya gak pernah makan. Orang gak doyan gimana. Sekarang sudah cerita lalu, kebunnya sudah dijual.

Okelahya, terlepas dari itu. Mungkin pengetahuan ini yang kamu cari. Saya rangkum dari berbagai sumber.



Khasiat Durian Bagi Kesehatan
  • Memilki kandungan  vitamin C , yang berpedan  untuk meningkatkan produksi kolagen. Kolagen sendiri adalah zat yang tugasnya membantu regenerasi kulit serta membuat kulit lebih segar.
  • Mengandung potassium yang bermanfaat untuk kesehatan tulang.
  • Memiliki kandungan mangan, yang berfungsi untuk menjaga gula darah agar tetap stabil
  • Mengandung tembaga, yang dapat  membantu menjaga kesehatan kelenjar thyroid.
  • Memiliki kandungan vitamin B, yang berkhasiat dapat meringankan sakit kepada sebelah / migraine.
  • Mengandung fosfor,  yang berperan dalam pembentukan tulang dan gigi. Selain kalsium, kepadatan tulang juga dibantu oleh fosfor. 
Efek negative makan durian
  • Durian bersifat panas sehingga penderita diabetes dan ibu hamil tidak dianjurkan makan durian
  • Biji durian muda berbahaya  karena mengandung asam lemak siklopropena (cyclopropene) yang bisa menjadi racun bagi tubuh
  • Dalam 100 gram durian terkandung 147 Kkal. Artinya  makan 1 kg durian, jumlah asupan kalori  1.470 Kkal itu sebanding dengan porsi makan  satu hari. Bahaya bisa kegemukan.

Memilih durian yang matang dan enak
Masih ngebet beli duren juga ya. Kalo gitu kenali ciri-cirinya. Terserah mau belinya di supermarket atau di pinggir jalan.
  • Pilih durian yang bentuknya bulat atau lonjong itu tanda buahnya banyak
  • Pilih yang kulitnya agak empuk, jangan yang keras karena masih muda, jangan pula yang lembek karena bisa jadi  busuk
  • Pilih yang durinya jarang dan tidak keras
  • Perhatikan apakah di kulitnya banyak terdapat lubang kecil kecil berdiameter 1-2 mm, jika ada bahkan lebih besar sebaiknya jangan, karena kemungkinan durian itu telah kemasukan ulat.
  • perhatikan permukaan daging buahnya, yang bagus warnanya kuning dan tidak berair. jika warnanya kuning agak bening kemungkinan rasanya kurang enak. Jika permukaanya berair pertanda rasanya keras di tenggorokan
  • Jangan pilih buah durian yang sudah terbuka lebar karena biasanya rasanya asam

merk terbaik I TentangI kontakI PrivasiI SanggahanI