\

Pages

Wednesday, February 18, 2015

Membedakan Batu Bacan Doko dan Palamea dan Khasiat-nya

Ngomongin batu bacan tak bisa lepas dari dua jenis yang paling popular,  paling banyak dicari,  paling mahal harganya; batu bacan Doko dan batu bacan Palamea.

Paling tidak kalau ingin membeli pada seseorang, maka orang itu akan menanyakan;  doko atau palamea.
Sebagai gambaran awal, mari kita kenali perbedaan antara batu bacan doko dan batu bacan palamea, plus  batu bacan OBI. Yah walah kurang  banyak peminat, tidak ada salahnya mengenal jenis Obi.

Membedakan jenis batu bacan cukup mudah. Tidak perlu menggunakan alat macam-macam. Cukup dengan mata normal saja sudah bisa di ketahui itu jenis yang mana. Lain cerita kalau orangnya buta warna, biar batu ngejokrog besar di hadapan juga tidak akan tahu itu jenis apaan. Atau bisa jadi bikin bingung kalau tidak tahu warna, dalam arti, membedakan  warna biru dan mana  hijau maish suka keliru. Baca: 10 batu akik paling mahal

Batu Bacan Doko
Batu bacan doko berwarna hijau bening dan hijau tua agak gelap. Kalau mau lebih gampang ingat saja hijau cingcau. Jika disorot dengan senter, warna batu akan keluar hijau cerah.

Batu bacan doko cenderung lebih cepat mengalami perubahan warna dibanding jenis lain. Pada kisaran empat bulan saja, ada terlihat perubahan warna dari yang semula agak gelap menjadi lebih cerah. 

Batu bacan doko banyak di temukan di pulau desa doko Halmahera Maluku utara.

Batu Bacan Palamea
Batu bacan palamea berwarna  hijau muda kebiru-biruan. Proses perubahan warna menjadi lebih bening dan mengkristal  cenderung lebih lambat jika di bandingkan dengan  doko.

Batu bacan palamea banyak di temukan di desa palamea Halmahera Maluku utara.

Batu Baca Obi

Kalau jenis batu ini tidak akan terjadi perubahan warna meski telah disimpan dalam waku lama.

Khasiat Batu Baca

Terlepas dari bagaimana orang mempercaya khasiat batu bacan, mari sepakati terlebih dahulu jika batu ini bagus untuk perhiasan. Selebihnya, tinggal serahkan pada masing-masing individu. Yang penting jangan sampe syirik. Dalam paham agama yang saya anut, percaya pada batu berarti musrik. Jangan sampe. Jangan sampe berbuat demikian.

Pun begitu, alam semesta di ciptakan bermanfaat bagi umat manusia. Para ahli punya kemampuan meneliti setiap benda yang berguna bagi kehidupan. Apakah kepercayaan khasiat  batu bacan ini terbukti secara alamiah. Saya tidak tahu. Yang pasti, berikut beberapa kegunaannya yang telah saya rangkum dari berbagai sumber. Ada beberapa  manfaat  sengaja  saya hilangkan karena berpotensi kea rah musrik.

  • Menenangkan pikiran
  • Menetralkan energy negatif
  • Menyeimbangkan emosi
  • Mengatasi kelelahan jiwa
  • Meningkatkan daya pikir
  • memperkuat kerja jantung
  • Membuat badan lebih bertenaga
merk terbaik I TentangI kontakI PrivasiI SanggahanI