\

Pages

Monday, October 27, 2014

Makanan Untuk Mencegah Kanker

Makanan Untuk Mencegah Kanker - Kanker adalah penyakit ganas nan mematikan. Namun sayangnya banyak orang tidak begitu peduli pada pencegahan penyakit ini. Ya, selagi sehat orang seolah lupa pada bahaya kanker. Baru tersadar jika ada salah satu keluarga atau teman dekat di vonis kanker.

Masuk pada zona takut memang tidak baik, Tapi akan lebih baik lagi jika memperhatikan asupan makanan yang dapat mencegah penyakit kanker itu sendiri.

Dibawah ini adalah 12 makanan yang dipercaya dapat mencegah penyakit kanker.

Alpukat
alpukat banyak mengandung glutathione, antioksidan yang sangat kuat untuk melawan radikal bebas dalam tubuh.Para ilmuwanpercaya alpukat dapat berguna untuk  mengobati hepatitis –penyebab kanker hati- dan  masalah kerusakan hati lainnya. Sering-seringlah konsumsi alpukat. Jika alpukat dibuat jus, jangan tambahkan gula.

Teh
Baik teh hijau ataupunpun teh hitam mengandung antioksidan tertentu, dikenal sebagai polyphenol (catechins) yang dapat mencegah pembelahan sel pada kanker.

Yang terbaik adalah teh hijau, kemudian teh hitam. Berdasarkan laporan dari Journal of Cellular Biochemistry, polyphenol ini banyak terdapat dalam teh hijau yang dapat melindungi dari berbagai tipe kanker. Daun teh hijau kering mampu mengurangi resiko kanker perut, paru-paru, usus kolon, rectum, hati dan pangkreas.

Kedelai
makanan olahan dari kacang kedelai seperti tahu/tempe banyak mengandung beberapa tipe phytoestrogen yang dapat membantu mencegah kanker dan prostat dengan cara menghambat dan menekan perubahan sel kanker

Tomat
Mengandung lycopene, licopene adalah antioksidan yang bekerja radikal bebas. Tomat juga mengandung vitamin C yang dapat mencegah kerusakan sel yang dapat menjadi kanker. Lycopene dipercaya dapat membunuh sel kanker di mulut dan peningkatan konsumsi lycopene dapat mengurangi resiko kanker pydr, prostat, pangkreas dan kanker kolateral

Brokoli, kol & kembang kol
Ketiga  sayuran ini memiliki kandungan kimia indole-3-carbinol (I3C) yang berguna memerangi kanker pydr dengan mengubah estrogen pemicu kanker menjadi bersifat protektif. Brokoli, terutama di bagian kecambah juga memiliki phytochemical sulforaphane yang dipercaya dapat mencegah beberapa tipe kanker seperti kanker usus dan rectal. Sulforaphane menginduksi produksi enzim tertentu yang dapat menonaktifkan karsinogen dan radikal bebas. Sering-seringlah memasak brokoli untuk mencegah kanker.

Cabai
Memiliki kandungan senyawa capsaicin yang dapat menetralisir beberapa kanker termasuk mencegah kanker perut.

Bawang Putih
Bawang putih memiliki kandungan allyl sulfur yang dapat membantu mencegah pembentukan dan pengaktifan nitrosamine dalam tubuh dan memblokir zat-zat karsinogen yang berbahaya bagi tubuh.

Selain itu bumbu dapur ini juga mengandung zat aktif seperti vitamin A, B, C, kalsium, potassium, besi, karoten dan selenium.

Komponen-komponen ini dapat mencegah mutasi gen, menghambat pertumbuhan sel kanker, memperbaiki struktur DNA yang rusak bahkan merngsang sel kanker untuk membunuh dirinya (apoptosis). Selain itu bawang putih juga berperan sebagai antioksidan yang mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan membunuh kuman helicobacter pylori yang dapat memicu kanker lambung.

Jeruk Bali
Sepertihalnya aneka jeruk lainya, Jeruk Bali mengandung monoterpenes yang dipercaya mampu mencegah kanker dengan menyapu karsinogen keluar dari dalam tubuh.  Jeruk juga mengandung vitamin C, beta karoten dan asam folat.

Jamur
Ada jenis jamur tertentu yang mampu membantu tubuh memerangi kanker dan kemudian membangun sistem imun, diantaranya shiitake, maitake, dan reishi. 

Jamur-jamur ini mengandung polysaccharides, terutama lentinan, senyawa yang ampuh membantu membangun imunitas dan merupakan sumber beta glucan. Jamur juga mengandung protein lectin yang dapat menyerang sel kanker dan mencegah mutasi dan membelah diri.

Pepaya
Pepaya kaya akan kandungan vitamin C yang dapat bekerja sebagai antioksidan, dan juga mengurangi absorsi nitrosamines (penyebab kanker) dari makanan olahan. Pepaya juga mengandung folacin, asam folat yang dapat meminimalisasi dysplasia serviks dan kanker jenis tertentu.

Rumput laut
Rumput laut dan tumubukan laut banyak mengandung beta-karoten, protein, vitamin B12, serat dan klorofil seperti klorofilons, klorofilos adalah asam lemak yang penting melawan kanker pydr.

Selain 12 makanan pencegah kanker diatas, penyakit kanker juga bisa di cegah dengan minyak zaitun.

Baca juga ...

merk terbaik I TentangI kontakI PrivasiI SanggahanI