\

Pages

Friday, December 12, 2014

Manfaat Minyak Canola, Sehat Gak Sih

Ibu-ibu yang suka belanja di hypermarket pasti sering melihat, di deretan minyak goreng terdapat  beberapa merk canola oil. Atau bisa jadi para ibu membaca resep masakan dengan salah satu bahannya termasuk  canola.  Minyak macam apa pula ini? sehat gak sih?

Halo ibu….., seneng deh ketemu ibu model begini, karena saya tahu, berarti ibu sangat peduli masalah kesehatan keluarga. Semua harus diperhatikan demi anak-anak dan suami. Terserah ya bu nama anaknya siapa, apakah Raka, Rafa, Syifa, Aliya, atau …………. gak termasuk dalam nama keren itu.

Tunggu dulu. Di seberang sana ada yang protes di panggil  ibu padahal masih single. Saya bilangin ya sista, buruan nikah, bentar lagi Indonesia kiamat baru nyesel loh…

Udah ah, sekarang saya ingin masuk pada bahasan tentang  kanola oil yang terkait kegunaannya untuk kesehatan:

manfaat minyak canola untuk kesehatan


Tentang Minyak Canola

Minyak canola terbuat dari apa? canola oil dibuat dari biji buah canola. Canola adalah tanaman hasil rekayasa genetika  para ilmuwan yang hanya bisa di lakukan di laboratorium dari tanaman aslinya adalah  Rapeseed.

Rapeseed sendiri adalah tanaman beracun yang berabad-abad lamanya telah dikenal di india dan china. Rekayasa genenika para ilmuwan itulah yang kemudian menghasilkan bibit canola sebagai tanaman bebas racun pada tahun 1970-an. Jadi sebelum tahun 1970-an tidak ada tanaman bernama canola.

Bibit tanaman canola di kembangkan oleh Monsanto, perusahaan bioteknologi terbesar didunia yang penuh kontroversi. Ah saya tidak mau bahas  kontroversi Monsanto disini. Yang mau tau banyak tentang Monsanto dan Genetically Modified Organism (GMO) silahkan cari di tempat lain.

Minyak Canola Sehat  Gak Sih

Beberapa artikel online yang saya baca menunjukan minyak canola adalah produk sehat. Minyak canola menjadi sumber lemak tak jenuh tunggal, yang bisa digunakan sebagai pengganti keju dan mentega sehingga mengurangi kadar kolesterol LDL yang buruk bagi kesehatan. Berarti ini bagus untuk yang sedang menjalani program diet. Perempuan yang tidak mau gemuk. Ingin selalu langsing meskipun ekornya sudah empat:  Rafa, Raka, Syifa dan Aliya.

Kanola  dikenal minyak serbaguna,  bisa untuk menumis dan memanggang karena memiliki rasa netral, tekstur halus, ringan dengan titik asap tinggi.

Namun beberapa manfaat minyak canola seperti yang saya sebutkan diatas sepertinya  tidak akan berarti apa-apa jika anda para ibu adalah penganut  golongan anti Genetically Modified Organism (GMO), yang gerakannya terus berkembang di berbagai negara, termasuk indonesia.

Sekarang pilihan ada di tangan ibu selaku konsumen. Kalau tertarik silahkah beli di Carrefour, hypermart bahkan indomaret alfamart atau minimarket lain. Namun kalau tidak tertarik ya itu juga terserah. Karena saya tidak punya kepentingan apa-apa disini. Yang penting ibu membeli sesuai dengan kegunaan..

Harga minyak canola berkisar Rp 50.000 untuk ukuran satu liter dari salah satu merk terkenal. Itu artinya tidak jauh beda dengan minyak kedelai, namun lebih murah dari minyak zaitun dan bunga matahari
.
merk terbaik I TentangI kontakI PrivasiI SanggahanI