\

Pages

Saturday, December 13, 2014

Ngomongin 4G Telkomsel dan XL

Ngapain juga saya nulis artikel ini. Kayak mau bisa cepat – cepat  menikmati jaringan 4G Long Term Evolution (LTE). Padahal, gak tahu kapan telkomsel dan Xl sebagai internet serveice provider yang saya gunakan cepat-cepat akan datang.
 
Memang  pada tanggal 8 desember 2014 lalu telkomsel  resmi mengkomersialkan layanan 4G LTE, sementara XL kabarnya tinggal menghitung hari.  Namun sebagai orang daerah, saya mah harus paham kalau 4G membutuhkan waktu lama untuk sampai tangan. Ya beginilah nasib orang kampung pasti selalu ketinggalan di banding orang kota.

Kalo ngaca dari pengalaman masa lalu, area tempat tinggal saya baru di cover  layanan 3G pada pertengahan 2009 oleh si merah, sementara si biru  baru hadir belakangan ini .  Jadi pastilah untuk 4G juga akan mengulang  pola yang sama. Dalam arti, ada delay cukup lama di banding dengan kota-kota besar di Indonesia.

Untuk scope jawa barat misalnya, paling  yang jadi prioritas utama adalah Bandung, baru setelah itu kota tempat saya tinggal berbarengan dengan kota kecil lainnya. Tapi itu di kota, sementara rumah saya lebih masuk kedalam. Jadi ya harus nunggu lagi sampai generasi  berikut  sampai di BTS terdekat.  Perkiraan saya  paling cepat tahun 2016, masih lama. Jadi  meskipun  telkomsel lagi gegap gempita  telah memulai era baru generasi keempat  mobile broadband, itu belum berpengaruh apa-apa buat saya.

Oiya, untuk area yang sudah bisa cover  4G, silahkan tukar simcard lama dengan yang baru , yang sudah support 4G. Selain itu perangkat  / smartphone yang di gunakan juga harus sudah mendukung 4G lte.
Kalau kedua syarat 4G bagi pengguna itu tidak di penuhi, sama saja bohong bisa meningkatkan kecepatan internet hingga 150Mbps.

Untuk yang sudah bisa dapat jaringan 4G dari telkomsel maupun XL, saya ucapkan selamat berinternet cepat.

Baca juga ...

merk terbaik I TentangI kontakI PrivasiI SanggahanI