\

Pages

Tuesday, November 18, 2014

Tomat Buah atau Sayur dan Manfaat

Meski mudah didapat, tomat tidak memiliki banyak penggemar. Baru menjadi favorit setelah diolah menjadi sambal tomat atau saus tomat, yang konsumsi sebagai pelengkap makanan. Tanpanya seolah makanan tidak lengkap. Misalnya pendamping fried chicken, nasi goreng, mie rebus, dan lain-lain.

 Padahal ketika masih menjadi buah utuh, boro-boro orang mau makan langsung, di tengok pun tidak. Baik di tempat bumbu dapur nyokap yang selalu tersedia, atau dikulkas yang disediakan untuk bikin jus.

Tomat Buah atau Sayur

Sering bingung sendiri, sebenarnya tomat itu buah atau sayur? Selain saya, pasti banyak orang juga akan bertanya demikian. Yang tidak begitu peduli, mungkin sekarang baru sadar, oiya, tomat ibu masuk golongan buah-buahan atau sayuran?

Mari kita lihat dari sudut pandang dua bidang berbeda;

Botani

Menurut ilmu yang mempelajari mengenai tumbuh- tumbuhan (botani), buah adalah bagian tanaman yang tumbuh dari bunga. Bagian ini juga mengandung biji. Sementara sayuran dalah bagian lain dari tanaman yang berasal dari daun, akar, batang dan kuncup bunga

Jelas disini, jika tomat masuk kategori buah-buahan.

Kuliner

Dalam dunia kuliner, yang dimasukan dalam golongan buah-buahan adalah yang di gunakan untuk dessert, camilan, atau minuman. Sementara sayuran bisanya disajikan dalam hidangan.

Jenis Sayuran yang Sebenarnya Buah

Dalam dunia kuliner banyak jenis yang dianggap sebagai sayuran, padahal dalam dunia botani sebenarnya masuk golongan buah-buahan, contohnya tomat tadi.

Selain tomat, buah-buahan lain yang dianggap sayuran dalam dunia masak memasak adalah cabe,polong,buncis, terong, jagung,mentimun, dll.


Manfaat Tomat untuk kesehatan

Tomat adalah buah kaya akan nutriisi serta zat anti oksidan yang dapat membantu membunuh banyak jenis penyakit. Yang penting lagi, tomat dapat meningkatkan kesehatan tubuh seseorang secara keseluruhan. Beberapa manfaat tomat diantaranya adalah sebagai berikut;


Melancarkan peredaran darah
Tomat memiliki kandungan vitamin A, dan C, potasium, dan zat besi yang  berperan penting penting menjaga kesehatan darah. Disamping itu, kandungan vitamin K  di dalamnya mampu menjaga peredaran darah dan mampu mencegah dari pembekuan

Melawan kanker
Tomat memiliki kandungan lycopene, zat ini dipercaya mampu menurunkan resiko kanker, terutama kanker lambung, paru-paru, dan kanker prostat.

Mengurangi resiko penyakit jantung
Lycopene di dalam tomat tidak hanya mampu mencegah kanker saja,namun juga mampu melindungi jantung. Mengonsumsi tomat secara teratur membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi pengendapan lemak di pembuluh darah.

Meningkatkan penglihatan
Ada kanungan vitamin  A didalam otmat, vitamin yang erat kaitannya dengan menyehatkan mata. dengan mengkonsumsi tomat, maka kualitas penglihatan akan semakin baik.

Untuk percernaan
Dengan asupan tomat secara teratur setiap hari, toma dapat mencegah anda dari kemungkinan terkena sembelit dan diare. Selain penyakit tersebut, tomat juga dapat mencegah penyakit kuning serta mampu menghilangkan racun yang terdapat dalam tubuh.

Mencerahkan kulit
Banyak perempuan yang memanfaatkan tomat sebagai masker wajah. Jika ingin mencoba mencerahkan kulit wajah supaya bersih bersinar, bisa coba dengan masker tomat, kupas toma tersebut lalu gunakan kulitnya sebagai masker.

Rambut Sehat berkilau
Makan tomat secara teratur diyakini dapat menyehatkan rambut. So, bagi yang ingin memiliki rambut sehat bersih berkilau, sering-seringlah makan tomat.

Memperkuat tulang
Tomat  memiliki kandungan  vitamin K dan kalsium, yang bermanfaat  untuk menjaga kekuatan tulang. Yo, daripada membeli minuman berkalsium tinggi, rajin-rajinlah makan tomat secara langsung maupun dibuat jus.

**
Demikian bahasan mengenai tomat. Dengan bagitu banyak manfaat tomat untuk kesehatan, tak salah jika pekarangan rumah untuk budidaya tomat secara kecil-kecilan untuk kebutuhan konsumsi keluarga sendiri.

Baca juga ...

merk terbaik I TentangI kontakI PrivasiI SanggahanI