\

Pages

Friday, February 6, 2015

Membedakan Batu Bacan Asli dan Palsu

Batu Bacan lagi cetar membahana. Siapa yang sudah masuk dunia perbatuan, silahkan angkat tangan. Atau baru mau dunia batu mulia karena memiliki keuntungan sangat besar?

Kalau begitu, berhati-hatilah. Karena kalau tidak mengetahui pemahaman dasar mengenai batu mulia asli, maka bisa menyebabkan kerugian besar. Sudah jadi hukum alam, ketika ada nilai ekonomis tinggi, maka disitu ada budaya pemalsuan serta penipuan.

Sekarang, mari kita ketahui pengetahuan dasar untuk membedakan batu bacan asli dan palsu.

Cara paling mudah mengetahui batu bacan yang telah berproses alami adalah akan terlihat keras dan mengkilap ketika telah diasah.. Selain itu, usahakan juga hindari batu bacan "mati", yaitu batu bacan yang telah dibentuk menjadi mata  cincin atau mata kalung. Sebab, jika sudah dibentuk dikhawatirkan proses alami pada batu tidak lagi berjalan

ciri ciri batu bacan asli dan palsu


Selain hal itu, mengetahui ciri-ciri batu bacan asli dan palsu adalah sebagai berikut.
  • Ketika di gesekan ke kaca, batu bacan asli akan menggores kaca
  • Ketika batu bacan asli dibakar, permukaan batu akan terlihat seperti minyak dan akan hilang ketika dibersihkan. Sedangkan batu bacan yang palsu akan meninggalkan bekas yang tidak bisa dihilangkan.
  • Batu bacan asli yang terkena cahaya akan terlihat serat-serat khas yang tidak mungkin ada pada batu bacan palsu. Untuk menguji demikian bisa dilakukan dengan senter.
  • Jika ada dua batu bacan yang asli dan palsu dengan ukuran yang sama. Ketika di timbang maka batu bacan asli akan cenderung lebih berat.

Batu bacan yang asli lama kelamaan akan berubah warna. Dari warna  hitam, berubah menjadi hijau dan seterusnya hingga menjadi batu yang berwarna bening.

Itulah cara paling mudah membedakan batu bacan asli dan palsu. Semoga pemburuan batu mulia akan mendapatkan hasil menggembirakan.

Tentang Batu Bacan
Batu mulia ini banyak dihasilkan di pulau kasiruta. Namun karena tempat perdagangan batu ini banyak dilakukan di pulau bacan, maka orang-orang kemudian menyebut batu ini sebagai batu bacan.

Saat ini harga batu bacan terus merangkak naik seiring makin banyak peminat di berbagai belahan bumi. Tidak tanggung-tanggung angkanya mencapai ratusan juta rupiah.

Bagi orang awam (termasuk saya)  mengenai dunia batu mulia mungkin akan heran, kenapa harga batu bacan begitu mahal.

Selidik punya selidik, ternyata batu ini punya karakteristik unik. Serat batu secara perlahan-lahan akan membuat warna batu  menjadi lebih bersih atau bening dan mengkristal dalam waktu yang cukup lama dengan sendirinya.

Bukan hanya itu, si batu mampu untuk menyerap senyawa lain yang berada di dekatnya. Misal, batu bacan dilekatkan dengan tali pengikat berbahan emas, maka lama kelamaan bahan emas tersebut akan diserap oleh batu bacan sehingga bagian dalam batu akan terlihat bintik-bintik emas.

Ada yang tertarik membeli. Atau ada yang mau jual.

Terserah deh ya. Yah kali aja saya dapat cipratan. Uang kaget. Uang denger, atau apalah namanya…huhuy..

Baca juga ...

merk terbaik I TentangI kontakI PrivasiI SanggahanI