\

Pages

Wednesday, February 11, 2015

10 Batu Mulia Akik Berharga Mahal dan Kegunaannya

Beruntunglah   masyarakat  yang  tanah di daerahnya bisa “mengeluarkan” batu mulia. Dengan begitu, roda perekonomian  bisa bergerak  dari bidang tersebut.

Mata rantai yang melibatkan banyak orang; penambang, pengrajin, pedagang, yang berujung pada end user,  orang-orang berduit  kolektor batu mulia. Belum lagi ada lahan obyekan lagi bagi para penipu, makelar juga pembuat barang imitasi, hehe...

Pada awalnya saya mungkin seperti anda;  Memandang para pemburu  batu mulia sebagai penggemar mistis.  Yang hidupnya tidak jauh dari urusan klenik. Yang menghubungkan bebatuan sebagai sumber keberuntungan (dalam berbagai hal), serta sederet  kesan lain yang tidak masuk dari logika akal sehat.  Itu bukan gue banget.

Namun karena pada dunia batu mulia ada nilai ekonomis tinggi, harganya mahal, di tambah lagi ada unsur seni dalam perhiasan, sehingga saya tidak anti pati lagi membicarakan dunia batu mulia. Bukan ikut  terlibat  dalam putaran secara langsung, cukup bermain-main di ranah kosa-kata , haha…..  Baca juga: kenapa orang suka batu akik.

Okelah ya, sekarang mari kita kenali batu mulia berharga mahal. Bagi siapapun yang akan terjun pada bidang ini, silahkan simak baik-baik. Urutan batu berharga mahal disusun secara acak. Yang di tampilkan pertama tidak memcerminkan berharga paling mahal. Yang nomor terakhir tidak menggambarkan harganya paling murah.

Batu Giok

Keindahan warna hijau dari batu giok telah dikenal ribuan tahun sebelum masehi di dataran tiongkok.  Saat ini, batu giok banyak berasal dari china, Tibet dan birma. Dari wilayah tersebut kemudian menyebar ke berbagai penjuru dunia yang kemudian  di gunakan untuk  perhiasan dan pengobatan.


Banyak aksesoris perempuan berharga mahal dari merk terkenal memanfaat batu giok sebagai penghias keindahan. Sebutlah cincin, anting, liontin kalung, tas, dan lain-lain.

Sementara dari sudut pandang kesehatan, batu giok di percaya dapat  meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan kekebalan tubuh, anti penuaan dini, bahkan dapat  menghilangkan rasa lelah, yang digunakan sebagai alat pada terapi pijat teragem.

Kepercayaan akan manfaat batu giok untuk kesehatan tidak lain karena batu mulia ini banyak mengandung unsur mineral penting seperti  potasium, kalsium, besi dan magnesium.

Ada dua jenis batu giok yang dikenal saat ini, yaitu Nefrit (Nephrite) dan Jadeit (Jadeite). Bagaimana perbedaan keduanya,  bagaimana mengetahui ciri-ciri batu giok asli, serta dimana para penambang batu giok di indonesia, saya akan membahas pada artikel lain.

Batu Zamrud

Meski mungkin banyak yang belum tahu penampakan batu zamrud, tapi kalau hanya sekedar mendengar namanya  pasti pernah. Ya, zamrud katulistiwa, sebutan yang menggambarkan keindahan dan keanekaragaman Negara kita. Bukan zambul katulistiwa seperti  trade mark nya princess syahrini.


Batu zamrud disebut juga emerald.  Sudah dikenal sejak dahulu kala di Pakistan, Mesir dan Austria sebagai Negara penghasil. Saat ini batu zamrud yang tergolong mahal berasal dari kolombia. Bagaimana dengan batu zamrud Kalimantan? Silahkan tanyakan harganya sama yang jual.

Jenis batu mulia ini berharga sangat mahal karena keindahan dan kelangkaannya.

Warna hijau disebut-sebut sebagai warna paling mahal dibanding warna merah kuning  atau biru.

Sementara itu faktor keberadaan yang langka telah menghadirkan peredaran  barang imitasi dipasaran. Sehingga  para kolektor harus semakin jeli membedakan batu zamrud asli dan palsu.

Batu Merah Delima

Batu merah delima di kenal pula dengan nama batu Ruby.  Dikenal sebagai symbol kekuatan dan keberanian. Dipercaya dapat membuka hati seorang pada rasa cinta, serta yang tidak kalah menarik adalah membawa keberuntungan.  Karena begitu banyak  kemampuan tersebut maka tak heren jenis batu ini banyak di cari para kolektor batu mulia. Harga batu merah delima asli terbilang fantastis, karenanya  banyak beredar yang palsu.
 
 Baca : ciri-ciri batu merah delima yang asli

batu merah delima


Batu Safir

Satu satu jenis batu mulai termahal di dunia. Batu safir adalah permata yang banyak dicari banyak orang diseluruh  pelosok dunia.

batu blue safir


Safir termasuk mineral yang dikenal sebagai korundum. Secara umum, safir banyak dimanfaatkan sebagai cincin permata dan perhiasan lainnya. Keindahan batu safir bisa anda lihat pada gambar di halaman ini.

Banyak variasi warna batu safir; sebut lah biru, kuning, merah muda, jingga, hijau bahkan ungu.

Selain dapat menikmati keindahan warna, batu safir dipercaya memiliki manfaat lain, misalnya; memancarkan aura positif dan menenangkan pikiran.

Batu Bacan

Batu bacan banyak ditemukan didaerah Halmahera Maluku utara. Batu bacan Doko dan batu bacan palamea adalah dua jenis batu akik yang paling banyak dicari para kolektor dan pedagang.

Perbedaan dua jenis batu bacan tersebut terletak pada warna. Palamea berwarna hijau kebiruan, sementara jenis Doko cenderung ke warna hijau gelap.

Bagi yang  ingin memiliki batu bacan, siapkan uang sebesar ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

batu bacan
membedakan batu bacan asli dan palsu

Batu Kalimaya

Dirimba internasional batu kalimaya dikenal dengan nama black opal. Negara penghasil batu kalimaya adalah Australia, Meksiko, Turki, Brasil dan  tidak ketinggalan Indonesia yang di bersumber dari tanah para jawara Banten, tepatnya, daerah Maja kabupaten lebak.

Ada  kombinasi warna  hijau, putih, coklat, ping, merah, biru kehijauan,sehingga batu ini terlihat menarik ketika dijadikan perhiasan cincin, anting-anting, liontin dan lain-lain.

Sementara dari sudut pandang psikis, sebagian kalangan mempercaya batu kalimaya berguna untuk meningkatkan rasa cinta serta lambang kejujuran.

batu kalimaya


Batu Topaz

Seperti halnya batu mulia akik lain,   topaz dipercaya mengandung energi alam yang berguna untuk sipemakai.  Pada batu topaz lebih di kenal bisa menghilangkan depresi serta memaksimalkan kinerja otak yang beruujung membawa kedamaian hati.

Batu topaz banyak di hasilkan di Negara rusia, srilangka brasil dan meksiko. Anda seorang pemburu? berangkatlah kenegara-negar tersebut.

Dari dunia mode, batu topaz banyak buat sebagai cincin, gelang, kalung dan lain-lain.

batu topaz


Batu Sungai Dareh
Batu ini sebut  juga dengan nama  giok kandi dan batu lumut.  Keistimewaan batu sungai dareh terletak pada warna dan corak yang menawan.  Secara lokal, batu mulia ini menggeliat pada tahun 1970-an, namun gaungnya baru terasa menggelegar sejak presiden US Barrack Obama dikabarkan memakai  cincin dari batu sungai dareh ini.

Dari sisi lain, batu sungai dareh dipercaya dapat menstabilkan emosi, Menetralisir racun yang ada di dalam tubuh, meningkatkan kinerja jantung, dan lain-lain.
batu sungai dareh


Batu Lavender

Banyak ditemukan di  daerah segara kembang dan  Simpang  Kecamatan Lengkiti Oku Sumatera selatan, selain dari daerah lain seperti  Kalimantan lampung dan kampungnya pak beye, Pacitan. Batu lavender  sekarang banyak menjadi primadona pecinta batu alam.

batu lavender


Batu Kecubung

Apa yang ada dalam benak kita ketika mendengar nama kecubung? Aha…. Pasti tidak jauh dari soal mabuk..

Batu kecubung biasanya berwarna ungu dan merah muda , sehingga warna tersebut akan terlihat indah jika di gunakan sebagai cincin atau kalung.

Dalam dunia batu mulia, batu kecubung dikenal karena memiliki kekuatan  tujuh Kristal alam. Tidak heran jika penggemar batu ini dari hari kehari makin bertambah seiring meningkatnya  popularitas dan harga di pasar dunia.

Sejalan dengan itu, kini banyak batu kecubung palsu yang terbut dari kaca atau yang dikenal dengan nama batu obsidian. Ingin berburu kecubung murah? datanglah ke Kalimantan sebagai daerah penghasil batu mulia ini.

batu kecubung

merk terbaik I TentangI kontakI PrivasiI SanggahanI